Sabtu, 15 Oktober 2011

Jaringan Komputer Dan Internet


1.      Jaringan Komputer
1.1  Apa itu jaringan komputer
            Jaringan komputer merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Gabungan teknologi ini menciptakan pengolahan data yang dapat didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan peralatan hardware secara bersamaan, sehingga penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, system seperti inilah yang disebut jaringan komputer (computer network).

1.2  Macam-macam jaringan komputer
1.      Local Area Network (LAN)
      Local Area Network (LAN), merupakan jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk pemakaian sumber daya bersama serta sarana untuk saling bertukar informasi.
      Keuntungan LAN menyediakan:
·       Resource sharing, bertujuan agar seluruh program dan peralatan terutama data di server dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi
·         Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing)
·         Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer sharing)
·         Relatif lebih murah
·         Proses backup data menjadi lebih muda
·         Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
Teknologi yang digunakan antara lain Ethernet LAN dan wireless LAN.
Sumber gambar: bloganakkomputer.blogspot.com

2.      Metropolitan Area Network (MAN)
      Metropolitan Area Network (MAN), adalah sebuah jaringan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, hanya ukurannya lebih luas daripada LAN dan biasanya MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau antarsebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi(swasta) dan umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.
      Teknologi: Jaringan TV kabel
Sumber gambar: utstar.com.cn

3.      Wide Area Network (WAN)
      WAN terdiri dari kumpulan LAN, MAN dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai. Seperti LAN terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam sebuah WAN. Perangkat-perangkat tersebut antara lain:
·         Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge. Route mampu menunjukkan rute dan men-filter informasi pada jaringan yang berbeda.
·         ATM switch adalah menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.
·         Modem mengonversi sinyal digital dan analog.
Sumber gambar: jarkom-2.blogspot.com

4.      Jaringan WireLess (tanpa kabel)
      Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim dan menerima telepon, fax, e-mail yang ingin dilakukan dimana saja. Jaringan tanpa kabel bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah itu.
      Jaringan tanpa kabel memiliki banyak kekurangan, yaitu jaringan tanpa kabel mempunyai kemampuan 1-2 Mbps yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jaringan berkabel dan transmisi dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lain.
 
Sumber gambar: adyt.blog.unsoed.ac.id

2.      Jaringan Internet
2.1  Apa itu jaringan internet
Internet mempunyai nama panjang InterNetworking atau hubungan antar  jaringan komputer. Internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia, sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace). Jaringan komputer sendiri secara sederhana dapat di artikan sebagai hubungan fisik komputer dengan komputer yang lain melalui sebuah media. Fungsi dasar  sebuah  jaringan adalah  agar dapat bertukar sumber daya atau piranti (file, printer , modem, fax, dll).

Sumber:
Buku instalansi dan konfigurasi Jaringan Komputer, karangan dede Sopandi, penerbit Informatika
ekanofianasari.files.wordpress.com/2007/09/latihan-1.doc
wahyukr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9619/jarkom.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging