Minggu, 16 Oktober 2011

Disk Defragmenter


Sumber gambar: haacked.com
 
Utility Disk Defragmenter dapat menata ulang fragmentasi file/folder. Melalui penghapusan fragmentasi file/folder di disk, kinerja system komputer meningkat, khususnya ketika berhubungan dengan proses/pembacaan data di disk.
            Disk Defragmenter berfungsi meningkatkan kecepatan akses data dengan menyusun kembali file-file yang telah disimpan pada disk. Mungkin kita pernah salah meng-copy file pada suatu folder/drive, kemudian kita menghapusnya, lalu meng-copy lagi dari folder yang lain dank arena suatu hal, data tersebut harus dipindahkan lagi ke folder semula, atau sering meng-instal dan meng-uninstall program berulang-ulang. Semua hal itu mengakibatkan susunan data menjadi tidak teratur. Fungsi disk defragmenter adalah untuk merapikan kembali susunan data yang tidak teratur.
            Pada windows 7 ada berbagai peningkatan pada disk defragmenter. Selain dapat di jalankan ketika sedang memakai komputer dan dijadwalkan sesuai jadwal, bisa melakukan disk defragmenter secara bersamaan terhadap 2 atau lebih disk yang berbeda. Hal tersebut belum dapat dilakukan pada windows vista, dimana proses defrag harus dilakukan secara berurutan atau bergantian.
            Kelebihan lain disk defragmenter pada windows 7 adalah tersedianya status proses defrag yang lebih jelas berupa indikasi presentase proses yang sedang berjalan terhadap keseluruhan proses. Hal tersebut sangat membantu mengetahui proses defrag. Jika dibandingkan dengan windows vista yang hanya menampilkan status proses defrag dengan indikasi kursor pada posisi sibuk. Disk Defragmenter pada windows 7 lebih mudah dipantau.
            Utility Disk Defragmenter pada system operasi vista kadang gagal menganalisa fragmentasi file/folder yang ada pada suatu fixed disk drive serta performa disk dalam keadaan baik dan tidak perlu dilakukan penataan ulang fragmentasi file/folder disk drive tersebut.  Untungnya utility disk defragmenter dapat dijalankan sebagai program latar belakang sehingga dapat menata ulang fragmentasi file/folder di disk sambil memakai komputer untuk berbagai keperluan lainnya.
            Microsoft Corp sadar bahwa pemakai system operasi windows akan jenuh menunggu lama waktu prosesnya sehingga meminta agar melakukan proses penataan ulang fragmentasi tersebut pada system komputer sedang tidak digunakan. Contoh malam hari. Oleh karena itu perlu memasang utility disk defragmenter yang dibuat oleh pihak ketiga.

Sumber buku:
Melipatgandakan kemampuan Multimedia pada komputer, penulis Ian Chandra K, penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta, 2007.
Windows 7 Missing Tricks - Mengungkap Trik-trik yang Tidak Biasanya,  Oleh Andik Susilo - MVP MCTS Microsoft Indonesia, penerbit Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging