Senin, 10 Januari 2011

Melanggar Rambu-Rambu Lalu Lintas

Subjek:Ilmu Sosial Dasar ke-2


Setiap manusia harus mematuhi tata tertib yang telah di tetapkan. Tata tertib di buat untuk di patuhi bukan untuk di langgar. Setiap peraturan dalam kehidupan bernegara telah tercantum dalam peraturan perundang-undangan. Di lingkungan keluarga pun kita memiliki peraturan, batasan-batasan dalam bertindak dan berperilaku yang mengarah ke arah positif. Begitu dalam lalu lintas, pasti memiliki peraturan rambu-rambu lalu lintas.

Namun, sekarang banyak orang yang melanggar rambu-rambu lalu lintas karena kurangnya disiplin oleh pengendaraan kendaraan bermotor. Sehingga menimbulkan kesemerawutan dan kemacetan di mana-mana terutama di ibu kota, Jakarta. Pengunaan sepeda motor yang banyak melakukan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Mereka seenaknya menyerobot lampu merah, memotong jalan, dan memotong arus. Belum lagi kendaraan umum seperti angutan umum, mikrolet, mini bus, taxsi, dan bajaj yang banyak ngetem dan menurunkan penumpang di sembarang tempat. 

Apalagi ketika turun hujan, para pengendara kendaraan bermotor bertindak acuh terhadap peraturan lalu lintas. Ketika lampu merah, mereka berani menyerobot. Polisi pun tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Beberapa dari pengendara sepeda motor belum sepenuhnya mengetahui tentang simbol-simbol rambu-rambu lalu lintas yang jelas terpajang. Karena sekarang dengan mudah seseorang mendapatkan sim A atau C kendaraan. 

Sangat di sayangkan sekarang aparatur polantas masih sangat lemah untuk menindak pelaku pelanggaran kendaraan bermotor. Mereka dapat berkerja sama dengan pihak polantas jika melakukan pelanggaran. Bagi pengendara seharusnya mereka mendapat kurungan penjara selama 6 bulan atau denda namun sangsi itu belum sepenuhnya berlaku.


Melanggar rambu-rambu lalu lintas sama halnya jika kita melanggar peraturan yang di buat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Setiap orang yang melanggar pasti akan mendapatkan sangsi dan hukuman. Dengan menaati peraturan rambu-rambu lalu lintas dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Maka bersikap hati-hati ketika mengendarai kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging