Rabu, 19 Januari 2011

TUGAS ISD ke-4: Bersosialisasi Dalam Lingkungan Masyarakat


Sosialisasi saya di lingkungan rumah sangat dekat dan akrab dengan semua anggota keluarga. Di rumah saya adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara. Saya di tuntut untuk berperilaku dewasa dan mandiri agar sebagai cerminan untuk adik laki-laki saya. Di rumah karena saya adalah anak perempuan satu-satunya maka oleh ibu, dan adik saya di jadikan sebagai tempat untuk curhat. Menjadi pendengar sejati dan memberikan masukan dan saran yang dapat saya berikan. 


Begitu juga di lingkungan sekitar rumah, saya termasuk pribadi yang dapat bersosialisasi dengan baik. Membina persaudaraan antar tetangga. Menjalin suatu hubungan yang baik merupakan hal dapat di lakukan oleh setiap orang dengan terjalinnya komuikasi yang baik. Karena dengan komunikasi yang baik dan jelas maka saya dapat menjaga kerukunan antar tetangga. Sikap saling menghormati antar tetangga dan menyayangi juga merupakan kunci utama dalam terbinanya hubungan masyarakat. 


Meskipun kadang kala saya merupakan tipekal orang yang lebih senang berdiam diri di rumah daripada menghabiskan waktu untuk bermain bersama teman-teman sekitar rumah. Tapi itu tidak membuat saya menjadi kurang pergaulan karena saya terjun aktif dalam berbagai kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan rumah. 

Saya ikut serta dalam kegiatan 17 Agustus-an menjadi panitia atau ikut menjadi peserta 17 Agustusan. Aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan seperti: kerja bakti. Dan berbagai kegiatan-kegiatan lainnya yang di adakan di Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RT)



Di lingkungan kampus juga saya merupakan pribadi yang dapat menjalin hubungan yang baik dan akrab dengan semua teman-teman sekelas. Untuk bisa menjalin hubungan baik dengan teman-teman saya terlebih dahulu harus menjaga sikap/perbuatan dan ucapan kepada teman-teman. Barulah dari sana ketika berteman  akrab saya dapat mengetahui kebiasaan baik dan buruk teman-teman. Saya juga di kelas merupakan tempat curhatan untuk teman-teman perempuan. 

Saya ini merupakan orang yang pemalu sehingga jarang untuk bertanya dengan dosen. Tapi teman-teman sekelas memberikan semangat dan motivasi sehingga lama kelamaan saya menjadi berani untuk bertanya dengan dosen. Semua teman-teman di kelas berperilaku sangat baik di hadapan saya. Sehingga saya menjadi nyaman berada di dalam kelas.


Karena dengan timbulnya rasa nyaman maka akan timbul hubungan bersosialisasi yang baik. Dalam hubungan bersosialisasi dengan masyarakat yang baik akan dapat merasakan betapa pentingnya kehadiran mereka semua di sekitar kita. Tawa, canda, kesedihan, emosi, dan luapan kebencian sebenarnya tertuang menjadi satu. Itulah yang membuat saya semangat dalam menjalin roda kehidupan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging