Kamis, 20 Januari 2011

TUGAS ISD ke-3: Masalah-Masalah Sosial


Setiap belahan dunia pasti mengalami masalah-masalah sosial, tidak terkecuali di Indonesia. Baik di lingkungan masyarakat, keluarga, maupun lingkungan sekitar kita pasti pernah menyaksikan atau mendengar. Masalah-masalah sosial yang ada di Negara Indonesia seperti sudah berakar dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah dan aparaturnya bergerak untuk dapat mengatasi masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia. Namun, mengatasi masalah-masalah sosial itu tidak seperti membalikan telapak tangan.

Masalah-masalah sosial yang dari dulu sampai sekarang tidak dapat teratasi adalah masalah kemiskinan. Kemiskinan dapat kita jumpai di mana-mana. Setiap pelosok tanah air dapat dengan mudah kita melihat kemiskinan. Kemiskinan merupakan masalah sosial yang harus dapat di tangani oleh pemerintah. Kemiskinan timbul karena jumlah pengangguran semakin meningkat. Selain itu, barang-barang kebutuhan sehari-hari dari hari ke hari semakin meningkat. 

Pengangguran meningkat karena semakin sempit lahan pekerjaan. Bayangkan beribu-ribu orang yang sarjana hanya segelintir orang yang dapat pekerjaan. Oleh karena itu, kita harus mampu membangun usaha sendiri supaya kita dapat memperkejakan orang-orang. Namun membangun usaha perlu mempunyai modal sendiri. Belum lagi pesaingan antar bidang usaha masing-masing. Banyak orang mencari pekerjaan dengan cara praktis seperti pengemis.

Dari meningkatnya angka kemiskinan juga akan bertambahnya kejahatan di mana-mana. Mereka berupaya untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Cara apa pun untuk mengatasi kemiskinan mereka atasi. Kejahatan semakin merebak dalam segala aspek bidang masyarakat. Kejahatn itu berupa pembunuhan, perampokan, dan pencurian.

Di televisi banyak wara-wiri berita-berita kriminalitas. Begitu juga dengan orang yang miskin, banyak dari mereka yang terjun ke lembah kesesatan. Seperti: penggunaan narkoba. Faktor kemiskinan juga dapat terjadi karena pejabat-pejabat yang sudah kaya lebih mementingkan keinginan dan egoisme masing-masing. Dari sanalah timbul korupsi. 

Kemiskinan dapat di kurangi, apabila setiap orang mau berusaha. Tidak hanya berpangku tangan menunggu datangnya harta. 



Contoh masalah kriminalitas yang saya ambil adalah Perampokan adalah tindakan pengambilan barang-barang yang bukan milik kita melalui tindakan intimidasi. Perampokan di lakukan ketika korban mengetahuinya sehingga berbeda dengan pencurian. Perampokan biasanya di lakukan dalam jumlah yang besar. Dalam kasus: Perampokan Bank Di Medan yang pernah heboh di berita televisi. Pelaku berjumah lebih dari dua orang dengan menggunakan senjata api. Mengambil beratus-ratus uang milik masyarakat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging