Sabtu, 18 Desember 2010

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR: Sarana Komunikasi

Sarana Komunikasi Antar Daerah Tidak Berjalan Dengan Baik

 Komunikasi antar manusia satu dengan yang lainnya merupakan suatu keharusan supaya dapat berjalan kehidupan yang harmonis. Di mana pun dan kapan pun kita selalu melakukan komunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung misalnya bercakap-cakap dengan orang dan secara tidak langsung misalnya melalui telepon atau sms.Tanpa berkomunikasi bisa jadi hidup ini hampa. Karena manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
  Di daerah pun tentu kita memerlukan komunikasi. Karena kelancaran kontak sosial budaya atau komunikasi dapat meminimalkan terjadinya konflik antar daerah maupun suku. Selain itu, kelancaran komunikasi antar daerah dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya perbedaan yang harus kita lestarikan dan kita satukan, sehingga rasa curiga antar daerah yang satu dengan yang lainnya dapat di hindarkan.
  Namun, sekarang masih banyak daerah-daerah di tanah air Indonesia yang mendapatkan sarana komunikasi yang baik, terutama di daerah-daerah pedalaman. Sehingga banyak orang di daerah-daerah kurang mendapatkan informasi terbaru seputar negeri tercintanya, Indonesia. Jangan jauh-jauh bahkan mereka tidak bisa menanyakan kabar sanak saudaranya yang berada di daerah lain. 
 Sebaliknya, disintegrasi bangsa mudah terjadi apabila sarana interaksi sosial, ekonomi, budaya, dan bidang lainnya tidak akan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini di sebabkan kurangnya informasi yang diterima tentang daerah atau suku tertentu.
 Oleh karena itu, komunikasi sangat perlu apalagi di zaman serba maju seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging