Sabtu, 18 Desember 2010

Penyalahgunaan Narkoba


Pengertian Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan-bahan adiktif. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya kesadaran dan dapat menimbulkan ketergantungan bagi pemakai. Sedangkan Psikotropika ialah zat atau obat alamiah maupun sintesis bahkan narkotika yang berkhasiat psikotropika melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan fisik. Dan bahan-bahan adiktif adalah bahan-bahan buatan yang bukan berasal dari alamiah yang terbuat dari zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Macam-Macam Jenis Narkotika

Narkotika terdiri dari III golongan:                                              
- Golongan I
contoh: Opium, kokain, heroin, morfin, dan ganja
- Golongan II
contoh: Tametadol
- Golongan III
contoh: Dokstroprosifem

Macam-Macam  Jenis Psikotropika

Psikotropika terdiri dari IV golongan, yaitu:
- Golongan I
contoh: Ekstasi 
- Golongan II
contoh: Sabu-sabu
- Golongan III
contoh: Butal bital
- Golongan IV
contoh: Nipam

Macam-Macam Bahan Adiktif

Bahan Adiktif, seperti: lem aibon, bensin, dll

Narkoba sebenernya banyak di gunakan dalam bidang kesehatan dan kedokteran. Misal, morfin dapat di gunakan sebagai penahan rasa sakit pasca menjalani operasi. Namun, sekarang banyak orang telah salah mengartikan penggunaan narkoba. Mereka menggunakan dalam dosis yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan efek ketergantungan. Begitu juga dengan balsem yang di pakai oleh para olahragawan yang digunakan untuk memanaskan tubuh.

Penggunaan narkoba tidak hanya menjakiti orang yang berumur di atas dua puluhan, tapi juga pelajar atau kalangan remaja. Tidak terhitung lagi para remaja yang sudah menggunakannya bahkan sampai mengalami overdosis. Karena sekali mereka mencoba menggunakan narkoba maka akan ingin lagi mencobanya. Padahal harga narkoba rata-rata relatif mahal. Dari sanalah, banyak menimbulkan tindakan kriminal seperti pencurian, membunuh, dan masih banyak lainnya. 

Pengaruh Narkotika dan Psikotropika

Narkotika dan psikotropika memberikan dampak negatif yaitu:
a. Depresan adalah mengedarkan atau mengurangi aktivitas atau kegiatan susunan saraf sehingga di pergunakan untuk menenangkan saraf seseorang agar mudah tidur.
b. Stimulan adalah meningkatkan keaktifan susunan saraf pusat sehingga merangsang atau meningkatkan kemampuan fisik seseorang.
c.   Halusinogen adalah menimbulkan khayalan-khayalan yang menyenangkan (halusinasi)

Ciri-ciri orang yang kecanduan narkoba

Para pengguna narkoba:
1. Selalu gelisah
2. Badan kurus kering
3. Mata celong
4. Takut cahaya
5. Terlihat lemas
6. Cara mengobrol dengan orang tergagu-gagu
7. Takut bertemu orang 

Awal menggunakan narkoba memang hanya merasakan rasa tenang dan seperti terbebas dari segala maslah berat yang menghadapinya. Tapi lama kelamaan mereka menjadi ketergantungan alias menjadi makanan pokok. Bahkan kalau tidak bisa menahan diri para pengguna narkoba bisa mencelakai dirinya sendiri. Mereka berani melukai dirinya sendiri  dan memakan darahnya. Tapi jika sudah menggunakan narkoba dalam taraf yang sangat berlebihan maka dampaknya adalah over dosis yaitu kehilangan nyawa. 

Dan apabila ingin sebuh dari menggunakan narkoba itu memerlukan biaya yang tidak murah. Dan belum tentu para pengguna akan langsung tobat tidak memakainya kembali. Para pengguna narkoba juga bisa di kenai hukuman penjara meskipun lebih ringan daripada para pengedarnya.

Maka sebagai generasi penerus, jangan sampai kita terjerumus ke dalam lembah kesesatan itu. Gunakanlah waktu sebaik mungkin. Isilah dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaaat. Jangan sampai negara Indonesia terjajah kembali oleh kebodohan dari orang-orang asing yang mengirimkan narkoba-narkoba ke tanah air kita.

Dan sudah seharusnya kita memberantas pengedaran narkoba di mana pun. Pihak sekolah dan aparatur kepolisian harus lebih mensosialisasikan dampak negatif dari para pengguna narkoba. Supaya mereka dapat bercermin dari para pengguna narkoba supaya tidak mengikuti jejaknya. Dan siapa tau dapat mengurangi angka penggunaan narkoba di masyarakat....

Cara menghindari narkoba
1. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Isilah masa muda kamu dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat
3. Jangan mau ikut-ikutan menggunakan narkoba
4. Dapat sedikit mengenal apa itu narkoba dan jenis-jenisnya apabila ada orang yang memberinya sesuatu berupa makanan, terutama:permen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging