Sabtu, 18 Desember 2010

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR

Subjek: Tugas Ilmu sosial dasar ke-2
Membolos

Kata "Membolos" sudah tidak asing lagi di telinga kita. Membolos merupakan hal yang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia. Tidak hanya di kalangan pelajar, tapi bahkan orang dewasa pun pernah membolos dari tempat kerjanya. 
Terus ada tidak manfaat dari membolos, untuk membahasnya mari kita lihat paparan singkat di bawahnya.... !!!

Terus apa itu membolos?


Membolos dapat di artikan:
- Tidak masuk sekolah tanpa keterangan
- Tidak masuk ke sekolah selama beberapa hari
- Dari rumah berangkat tapi tidak sampai ke sekolah
- Meninggalkan sekolah pada jam pelajaran

Alasan Membolos

Sebab-sebab membolos:
1. Malas berangkat ke sekolah
2. Bangun kesiangan
3. Tidak suka terhadap mata pelajaran tertentu
4. Takut sama gurunya jika belum mengerjakan PR/tugas
5. Lebih mementingkan main games online daripada pergi ke sekolah atau kampus
6. Tidak punya ongkos
7. Membantu orang tua bekerja


Tips-Tips Untuk Menghindari membolos


-Malas Berangkat Sekolah
1. Harus punya niat terlebih dahulu
2. Ingat-ingat kerugian yang akan di terima apabila tidak masuk sekolah meskipun hanya sehari.
3. Menyukai semua pelajaran
Biasanya pelajaran yang kalian benci akan terus teringat terhadap materi-materi pelajaran. Maka lama-kelamaan kalian akan bisa menyukai pelajaran yang di benci
4. Ingat hal-hal menarik yang akan di dapat jika pergi ke sekolah
Misalnya: Kumpul dengan teman-teman, ketawa-ketiwi bareng teman dan guru, dan sebagainya.
- Bangun Kesiangan
1. Pasang alarm jam
Set alarm dengan volume yang tinggi. Dan letakkan jam alarm agar tidak dapat terjangkau dengan tangan anda sehingga tidak harus bangun dahulu untuk mematikannya.
2. Tidur tepat waktu
Usahakan tidur di bawah jam 10.00 agar tidak bangun kesiangan. Dan usahakan tidak begadang seperti: nonton TV terlalu malam.
3. Siapkan segala keperluan sekolah
Siapkan buku-buku pelajaran, periksa apakah ada tugas/PR atau tidak, mengulang pelajaran walaupun hanya sebentar semuanya di lakukan sebelum tidur.
4. Gambarkan harimu sejenak
Ketika anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan anda kerjakan hari itu dengan penuh semangat dan positif. "Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang untuk berpikir dan anda akan benar-benar mewujudkannya dalam aktivitas".


Jika di pandang dalam sisi agama, membolos merupakan hal yang tercela (buruk) karena membolos pasti beriringan dengan perilaku tercela lainnya. Dengan membolos membiasakan diri untuk berkata bohong. Seperti: Berbohong kepada orang tua, bilang mau pergi ke sekolah tapi tidak sampai ke sekolah. Karena pelajar mengalami tahap pendawasan diri untuk mencari jati dirinya. Maka, pelajar akan mengikuti jejak-jejak membolos. Kalau sudah membolos sekali pasti ingin bolos berulang kali, dua kali, tiga kali, bahkan bisa jadi keseringan.


Dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat, dengan melakukan membolos maka kita dapat di cap seorang pelajar yang memiliki perilaku minus. Jika kita ketahuan oleh pihak sekolah maka akan mendapatkan sangsi.


Contoh: Sebut saja namanya R, karena senang sekali bermain games online di dekat rumahnya sehingga R sering sekali membolos. Berawal hanya ingin tau tapi lama-kelamaan menjadi ketagihan. Orang tua R hanya tau kalau R pergi ke sekolah. Kemudian R di panggil oleh pihak sekolah, setelah didesak R baru mengakuinya. R sama saja di anggap alpa alias tanpa keterangan. Berawal dari membolos, R lama-kelamaan jadi malas belajar dan masa bodoh dengan segala tugas yang di berikan oleh guru-guru. Akibat dari R membolos maka R tidak dapat naik kelas dan terpaksa mengulang semua pelajaran dari awal kembali.

Akibat Membolos
School Myspace Comments
Macam-macam akibat membolos:
- Tidak naik kelas
- Di keluarkan dari sekolah
- Nilai ulangan tidak sesuai harapan
- Ketinggalan pelajaran
- Gagal dalam ujian
- Prestasi belajar menurun


Dengan membolos maka pendidikan di Indonesia akan semakin terburuk di mata dunia pendidikan. Karena hampir di setiap sekolah murid atau mahasiswa pernah membolos. Setiap siswa atau mahasiswa yang menjadi pelaku membolos akan selangkah ketinggalan dalam mata pelajaran dan nilai-nilai. Jika negara Indonesia ingin menjadi negara maju maka hindari dahulu perilaku membolos.


Sekarang banyak anak-anak yang ingin bersekolah tapi mereka tidak mampu untuk bersekolah. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan kesempatan sekolah karena penyesalan akan selalu datang belakangan.

Ternyata membolos itu malah memberikan akibat-akibat yang dapat merugikan diri kita sendiri bukan orang lain yang merasakannya. Oleh karena itu, hindarilah membolos. Aturlah segala rencana kegiatan dengan baik. Sehingga tidak ada lagi kata "Membolos"


http://studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging