Sabtu, 18 Desember 2010

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR: Mencontek

Mencontek

Mencontek pasti pernah di lakukan hampir dari setiap kalangan dari pelajar sampai mahasiswa. Baik itu mengerjakan tugas, PR, ataupun ulangan. Tidak di pungkirin, saya yang sebagai mahasiswa saja masih sering mencontek tapi bukan kalau ulangan. Padahal sebenarnya kalau kita giat dan rajin belajar kita tidak perlu mencentok. Seperti contoh: karya ciptaan dari lagu dari negara Jepang di contek sama band negara kita sendiri. Pastinya segala usaha yang udah mereka lakukan bisa jadi menjadi sia-sia. Mau apa di kata, toh karya mencontek.

Begitu juga, sama halnya kalau kita lagi ulangan. Pasti guru yang mengawas ulangan kita akan marah apabila kita ketahuan mencontek. 

Bagaimana sebenarnya tips saat mengerjakan (ulangan/ujian) agar kita tidak mencontek!!!
Berikut adalah paparannya:
a. Datanglah dengan persiapan yang matang, bawa alat tulis yang lengkap jangan biasakan meminjam agar tidak meminjam agar tidak terganggu konsentrasi dalam mengerjakan ulangan. Kalau perlu sediakan pulpen dan pensil 2 buah.
b. Jangan datang terlambat
c. Bersantailah tapi waspada, duduk dengan nyaman, posisi tegak tapi tetap rileks (tidak tegang) agar tidak membuyarkan semua pelajaran yang tadi malam sudah di pelajari.
d. Bacalah soal-soal ujianmu dengan seksama.
e. Dahulukan menjawab soal yang mudah, yang memiliki bobot nilai paling tinggi serta yang memerlukan waktu yang sedikit.
f. Untuk pilihan ganda, pilihlah jawaban yang paling sesuai atau mendekati kebenaran.
g. Untuk soal essay/uraian, pertama pikirkan dahulu jawabannya baru kemudian simpulkan dan tulis di lembar ujian
h. Isi lah jawaban pada ujian sesuai dengan keyakinan kamu karena belum tentu jawaban teman kamu itu benar.
i. Sisihkan waktu 10% untuk memeriksa ulang jawabanmu guna meyakinkan apakah jawaban tersebut jelas, salah, atau ragu
j. Analisa ujian. Mengenal sistem penilaian guru.

Itulah beberapa tips dan trik agar kita tidak membiasakan diri mencontek saat ujian. Kunci paling utama adalah belajar untuk ulangan jangan sistem kebut semalam, usahakan menyicil belajar dari hari-hari sebelumnya terutama mata pelajaran yang anggap kamu susah, seperti fisika. Jika dalam mengerjakan soal kamu tidak jujur (mencontek) berarti membohongi diri sendiri, kamu tidak dapat mengevaluasi diri dan tak akan berkembang dan maju dalam bersaing dalam masa depan kamu kelak dan meraih cita-cita kamu.

Jadi, usahakan tidak mencontek iaa.... :)) teman-teman....!!!

2 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  2. I am very interested in the information contained in this post. The information contained in this post inspired me to generate research ideas.
    kampusku

    BalasHapus

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging