Minggu, 17 Maret 2013

PERAN ARTIS DALAM GAME



Artist dalam game berfungsi untuk mendesain karakter yang akan digunakan dalam permainan. Untuk mulai membuat karakter maka digambar dikertas sebagai konsep kasar. Warna kemudian dimasukkan ke dalam gambar artis sehingga menciptakan tekstur yang bagi karakter. Setelah konsep karya seni telah selesai maka akan diteruskan ke 3D Model Builder.

TEKSTUR ARTIS
Tugas dari 2D Artist Tekstur adalah untuk menyediakan semua elemen tekstur dalam game untuk model 3D. Cara menerapkan tekstur ke model dengan menggunakan in-house, tapi penciptaan tekstur membutuhkan penggunaan aplikasi seperti Photoshop, Painter, Cat Deep dan aplikasi berbasis vektor seperti Xara dan Illustrator.

ANIMASI GAME
Dalam pembuatan game, hal yang pasti dibuat dan tidak mungkin lepas dari salah satu elemen adalah animasi grafis. Baik berupa animasi 2 Dimensi maupun 3 Dimensi. Dua dimensi animasi komputer digunakan untuk rendering cepat dan untuk animasi bandwidth rendah. Pembuatan game sudah pasti menggunakan animasi grafis serta suara agar pemain dapat menikmati permainan digital yang dibuat. Berikut ini adalah 7 teknik animasi grafis untuk game pada umumnya, antara lain :

       1. Animasi dengan teknik image
Animasi dengan teknik ini adalah menyimpan gambar sebagai sebuah sprite dalam memori yang kemudian akan ditampilkan di backgroundnya. Animasi dengan teknik ini biasanya sulit dalam pembuatan gambarnya, sebab harus banyak dan melakukan penyamaan dan posisi. Akan tetapi teknik ini mudah dalam hal memainkan animasinya.

       2. Animasi Dengan Teknik Make
     Teknik ini biasanya digunakan untuk animasi umum, tapi biasanya digunakan untuk proses pembuatan animasi. Animasi dengan teknik ini memiliki sprite yang terus menerus digenerate oleh program, kemudian ditampilkan dengan perhitungan tertentu. Animasi ini biasanya dilakukan oleh 3D modelling dan shading software seperti AutoCad, 3D Studio, dan lain-lain.

3. Animasi Dengan Tipe Object Frame
Animasi ini menitik beratkan animasi yang dimainkan hanya pada sprite objeknya saja, akan tetapi seluruh backgroundnya juga seolah-olah ikut digerakkan.

4. Animasi Dengan Tipe Object Sprite
Animasi ini menggunakan sprite sebagai pemeran utama sedangkan object lainnya hanya background diam. Prosesnya adalah membuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi.

5. Metode Animasi Frame
Metode ini adalah metode animasi yang mendukung tipe object frame. Karena hal tersebut maka pengambilan gambarnya haruslah sangat cepat, sehingga tidak menjadikan animasi lamban dan tersendat. Animasi frame ini haruslah menampilkan gambar fullscreen yang bergerak.

6. Metode Animasi BitBlt
Metode animasi ini biasanya disebut sprite animation, array animation, blocked animation, partial screen animation, snapshot animation atau arcade animation. Prinsip dari metode ini adalah menyimpan image dan memainkan animasinya dalam bentuk satu atau bebera sprite kecil.

7. Metode Animasi Real-Time
Dalam metode animasi ini lambat dan tersendat maka animasi dengan metode ini akan bagus jika pergerakan yang akan dilakukan adalah tidak diketahui sebelumnya dan tiba-tiba muncul.

KESIMPULAN 
Jadi artist dalam game berfungsi untuk mendesain karakter yang akan digunakan dalam permainan. Dalam pembuatan game aspek terpenting adalah tekstur dan animasi secara grafis baik 2D atau 3D.

DAFTAR PUSTAKA
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasar-dasar-teori-permainangame.html
www.ebaumsworld.com /gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging