Nama
Anggota :
1. Aditya
Hafizh (50410195)
2. Fikri (52410772)
3. Sutia
Dwi Santika (56410763)
4. Victorio
Sudarmadi Puika (5A411208)
5. Yonathan
Eleazar (58410682)
Kelas
:
3IA16
SIMPULAN
BAB
VI
PROSES
PRODUKSI
Desainer
harus mampu
bekerja dengan berbagai jenis
gambar
elektronik yang disimpan dalam
format yang
berbeda. Gambar digital
dapat disimpan
dalam beberapa cara, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan
dimana seorang
desainer grafis perlu memahami.
Alat dasar dalam proses
merancang :
§ Pisau bedah (atas)
Sebuah
pisau bedah adalah pisau yang digunakan untuk memotong stok - alat penting
untuk penciptaan dummies dan mock-up.
§ Semprotan gunung
Semprot
gunung adalah perekat aerosol digunakan untuk obligasi dua atau lebih potongan
saham bersama-sama untuk produksi tiruan dan boneka.
§ Lensa pembesar
Digunakan
untuk memeriksa bukti dan
transparansi.lensa pembesar fotografer sebesar 8x sedangkan lensa pembesar pada
printer sebesar 10x atau 14x.
Ada 2 jenis gambar
utama yaitu raster (bitmap) dan vektor (lineart).
Sebuah gambar
raster terdiri dari
piksel dalam grid, di mana setiap pixel berisi informasi
warna untuk gambar dan raster memiliki
resolusi tetap.
Dan gambar vektor
berisi objek didefinisikan oleh
rumus-rumus
matematika bukan
piksel. Vektor
itu dapat
diperbesar
kualitas gambar akan tetap tajam dan jelas.
1.
Format : Bitmap
Keuntungan
: Gambar dibangun
oleh fixed
jumlah piksel
yang mudah
berwarna.
2. Format
: TIFF
Keuntungan
: fleksibelcross -
platform,
Format yang kompatibel
mempertahankan kualitas
gambar yang
tinggi sehingga cocok untuk pencetakan.
3.
Format : JPEG
Keuntungan : 24-bit warna (6,7 juta warna),
menggunakan kompresi untuk
mengurangi ukuran file.
4.
Format : EPS
Keuntungan : File dapat
tinggal, dan terdistorsi
warna dipisahkan.
5.
Format : PSD
Keuntungan : berbagai format mendukung
semua ketersediaan
mode gambar (bitmap, grayscale,
duotone, RGB, CMYK, dll).
Warna adalah salah satu
tugas utama bahwa desainer grafis bertanggung jawab untuk mencetak proses
produksi.
§ Warna ruang
Desainer dapat bekerja dengan sistem
ruang warna berbeda yang mendefinisikan rona, saturasi dan nilai dari
warna dalam desain yang berbeda dan proses pencetakan.
§ RGB /
CMYK
Warna yang terdiri merah, hijau dan biru
muda ditampilkan sebagai rasio. RGB adalah aditif utama pada ruang warna
monitor komputer dan CMYK adalah ruang warna subtraktif primer yang digunakan
dalam empat warna proses pencetakan. Merah, hijau dan biru (RGB) adalah aditif
yang membentuk cahaya putih, dan digunakan untuk menghasilkan gambar warna pada
layar komputer.
§ Primary
Subtraktif
Setiap primary subtraktif terbentuk dari
dua aditif warna primer. Dimana dua primary menciptakan warna primer aditif.
§ Primary Aditif
Warna aditif primer merupakan komponen
cahaya putih.
Warna
dapat dijelaskan sesuai dengan fitur-fitur berikut :
§ Hue
Hue mengacu pada karakteristik yang unik
dari warna secara visual dapat membedakan satu warna dari yang lain. Warna atau
warna yang dibentuk oleh berbagai panjang gelombang cahaya.
§ Saturation
Saturasi atau kroma menggambarkan warna
yang cenderung bergerak ke arah atau jauh dari abu-abu.
§ Brightness
Kecerahan mengacu pada cahaya atau warna
gelap warna. Perubahan kecerahan dapat dicapai dengan pencampuran warna antara warna hitam atau putih.
Kalibrasi adalah proses
di mana warna ruang monitor atau peralatan lainnya disesuaikan agar setara
dengan standar yang diberikan.
§ Sistem Pantone
Sistem Pantone memfasilitasi komunikasi
antara desainer dan printer, dan untuk memastikan bahwa spesifik warna yang
digunakan dalam desain.
§ Monitor
Monitor atau layar adalah alat
yang digunakan untuk memproduksi gambar dengan menggunakan lampu merah, hijau
dan biru.
§ Printer
Perangkat printer yang berbeda
menggunakan tinta yang berbeda, yang berarti bahwa dapat mencetak warna yang
berbeda tergantung dengan perangkat output. Sebuah inkjet akan menghasilkan
hasil enam-warna litostratigrafi.
Design
Now Austria
Bagian ini dari pameran
Design Now Austria menggunakan overprinting
agar proses pewarnaan dapat saling bercampur dengan yang lainnya dan menciptakan
kombinasi variasi warna.
Wonderland
Diciptakan oleh Parent Design dengan sebuah foil block finish dan thermographic printing yang
mengaugmentasi penampilan. Thermography memberikan
sebuah kenaikan permukaan tacticle
ketika kertas timah berkilau sewaktu merefleksikan cahaya.
Mark
de Weijer
Identitas Mark de Weijer menghadirkan sensasi
kejernihan dan tekstur yang
merefleksikan sifat dari pekerjaannya.
MAG
Poster format-besar
milik studio Mark di Manchester membawa pulang pesan dimana beberapa bagian di
dunia sangat mudah untuk melangkah pada sesuatu yang menjijikkan.
Varnish
Sebuah varnish merupakan pelapis tanpa
warna yang diaplikasikan pada bagian yang tercetak.
Tipe-tipe Varnish yaitu :
§ Gloss
Varnis gloss merefleksikan belakang
cahaya dan sering digunakan untuk meningkatkan penampilan dari fotografi atau
elemen grafik lainnya di brosur.
§ Matt (atau dull)
Biasa
digunakan dengan halaman text-heavy untuk mendifusikan cahaya,
mengurangi glare dan menambah readability. Menambahkan suatu
yang non-glossy, finish halus untuk
dicetak pada lembar.
§ Satin (atau silk)
Sebuah
pilihan tengah diantara varnish gloss
dan matt. Menyediakan beberapa
highlight, tetapi tidak sedatar finish matt.
Tabel
ukuran kertas
Tipe
dari persediaan kertas
§ Cetakan
Berita
Kertas utamanya dibuat dari kertas
berita tanah secara mekanis, komik dan pulp kayu. Memiliki umur yang pendek
dibandingkan dengan kertas yang lainnya, tetapi murah untuk diproduksi.
§ Antik
Kertas berkualitas tinggi dengan lapisan tanah liat
pada kedua sisi untuk memberikan permukaan cetakan yang baik.
§ Seni
Kertas berkualitas
tinggi dengan lapisan tanah liat pada kedua sisinya, memberikan permukaan
cetakan yang baik. Berguna untuk halftone
dimana definisi dan detil adalah penting.
§ Chromo
Pelapisan yang tahan
air pada sisi single yang ditujukan untuk embossing yang baik dan performa
varnishing.
§ Cartridge
Kertas putih yang tebal
yang biasanya digunakan untuk pensil dan tinta gambar; menambahkan tekstur pada
publikasi.
London
Kreatif
Yang tergambar adalah
identitas visual yang dibuat oleh The Team untuk konsep yang berkembang dari
sebuah pertukaran desain internasional dan pusat inovasi di London. Untuk
mendapatkan pembelian dari investor-investor, front ganda, cover brosur
dua lipatan berjudul ‘Future Thinking’ telah didisain untuk menceritakan dua
buah cerita. Pertama, dari ‘masa depan’ dan kedua, perihal ‘pemikiran bisnis’.
Endpaper
Endpaper
ini berasal dari sebuah seri dari buku kasus yang terikat oleh Webb & Webb
yang secara kreatif menggunakan pola yang diulang menggunakan ilustrasi line-art yang sama yang terlihat pada
cover.
Jadi,
Desainer grafis digunakan untuk membuat dan menghasilkan desain yang efektif.
Bagian ini juga mencakup informasi dasar tentang cara untuk memastikan bahwa
kontrol dipertahankan atas penggunaan gambar dan warna.
Ambrose, Gavin dan Harris, Paul. ..., The Fundamentals of Graphic Design, Ava (Academia) : north-America
Ambrose, Gavin dan Harris, Paul. ..., The Fundamentals of Graphic Design, Ava (Academia) : north-America
Tidak ada komentar:
Posting Komentar