Minggu, 13 November 2011

Wifi Networking


A.    Wireless Network
Teknologi wireless adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menggantikan teknologi jaringan yang terdiri dari banyak kabel dan sebuah solusi akibat jarak antarjaringan yang tidak mungkin dihubungkan melalui kabel. Banyak keuntungan system jaringan WiFi (Wireless Fidelity) yaitu pengguna tidak dibatasi ruang geraknya, tetapi dibatasi oleh jangkauan pemancar WiFi. Pemancar WiFi mampu menjangkau area 100 feet atau 30 m2 . Apabila menginginkan jangkauan yang lebih jauh lagi, dapat diperkuat menggunakan perangkat khusus seperti booster yang berfungsi sebagai relay dan mampu menjangkau ratusan meter bahkan beberapa kilometer ke satu arah. Cara yang lain dengan memanfaatkan seperangkat Access Point yang dapat saling me-relay (bridge) kembali ke beberapa bagian atau titik, sehingga jarak jangkauan semakin jauh.
Ada dua cara menghubungkan antar-PC dengan sistem wireless, yaitu sistem ad hoc dan Access Point. Sistem ad hoc merupakan hubungan antar-PC berdasarkan nama SSID (Service Set Identifier). SSID adalah nama komputer yang memiliki card, USB, dan perangkat wireless. Seriap perangkat harus diberi nama tersendiri sebagai identitas. Saat ini, system Access Point paling umum dipakai dalam teknologi wireless jaringan karena lebih mudah instalasinya. Sistem Access Point berbentuk PCI card yang berfungsi dapat melakukan broadcast ke beberapa komputer client pada jarak radius tertentu.
Sistem ad hoc adalah system peer to peer. Maksudnya, sebuah komputer akan dihubungkan dengan sebuah komputer lainnya agar saling mengenal SSID. Jika digambarkan, system ini hampir serupa dengan sitem direct connection. Perbedaannya, system direct connection masih menggunkan twist pair cable (tanpa perangkat HUB).
Access Point merupakan sebuah pertanda bahwa ditempat tersebut terdapat jaringan Wifi yang terus menerus mentransmisikan namanya (SSID) yang diterima oleh komputer lain.

B.     Keuntungan dan Kekurangan Wifi
Keuntungan Wireless (Wi-Fi) :
  1. Pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI.
  2. Jarak pada sistem WIFI mampu menjangkau area 100 feet atau 30M radius.
  3. Perangkat wireless untuk teknologi wireless Wi-Fi ini sudah umum digunakan dan harganya sudah menjadi relatif murah.
  4. Sebagian besar notebook tipe terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat network wireless dengan teknologi Wi-Fi ini.
  5. Area jangkauan yang lebih fleksible dikarenakan tidak dibatasi oleh jaringan distribusi seperti bila menggunakan kabel UTP maupun fiber optic. Secara teoritis dengan daya pancar 100mW sudah dapat menjangkau area (berbentuk lingkaran) 1 - 2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.
  6. Dengan WiFi, yang 54Mbps adalah agregat (yaitu jumlah) dari bandwidth yang tersedia dalam dua arah sehingga Anda hanya benar-benar mendapatkan sekitar 10 atau 15Mbps di setiap arah sekali overhead dibawa keluar.
  7. Memungkinkan Local Area Network untuk di pasang tanpa kabel, hal ini juga sekaligus akan mampu mengurangi biaya untuk pemasangan dan perluasan jaringan. Selain itu juga Wi-Fi dapat dipasang di area yang tidak dapat di akses oleh kabel, seperti area outdoor.

Kekurangan Wireless (Wi-Fi) :
Jaringan Wi-Fi bukanlah produk yang tidak memiliki kelemahan. Paparan kelemahan disini adalah bila dibandingkan dengan jaringan kabel. Kelemahan jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni kelemahan pada konfigurasi dan pada jenis enkripsi yang digunakan. Walaupun kecepatan Wi-Fi adalah 11Mbps, ia jarang bisa sampai ke tahap tersebut disebabkan oleh gangguan gelombang radio di kawasan sekitarnya.
Intinya, kelemahan Wi-Fi adalah :
  1. Untuk menggunakan WiFi kita harus ada di area yang dijangkau oleh WiFi atau istilahnya ‘hotspot’.
  2. Area jangkauan WiFi masih kecil, sinyalnya kurang bisa menembus tembok.
  3. Access Point lebih mudah disusupi virus.
  4. Pertukaran data gampang disadap.

C.    Jenis-Jenis Antena Wifi
Antena Wifi terdapat dalam bermacam tipe dan bentuk. Setiap tipe mempunyai karakteristik tersendiri, terdiri atas spesifikasi teknis, misalnya menyangkut ukuran fisik, kekuatan sinyal, sudut pancar sinyal, dan lain-lain.
1.      Antena Dipole
Antena ini disebut juga antenna omnidirectional “rubber duck” karena terbalut karet. Antena dipole biasanya berbentuk silinder kecil panjang sekitar 10 cm sampai 20 cm. Jenis antenna ini cocok dipakai pada AP untuk melayani client dari semua arah. Antena ini di desain untuk pemakaian dalam ruangan walaupun dapat juga dipakai di luar ruangan. Antena dipole dihubungkan ke radio wifi dengan konektor SMA atau TNC.
2.      Antena Omni
Antena Omni berbentuk silinder dengan panjang sekitar 50 cm smapai dengan 150 cm. Silinder yang dipakai biasanya menggunakan pipa PVC.
3.      Antena Yagi
Kalau antenna Dipole dan antenna Omni memancarkan sinyal mendatar 360 derajat secara merata, antenna Yagi memancarkan sinyal kea rah mendatar tidak merata. Sinyal yang paling kuat didapatkan di arah depan selebar sekitar 20 sampai 30 derajat, di luar itu masih ada sinyal tetapi tidak terlalu kuat. Antena Yagi cocok dipakai sebagai antenna point-to-point, antena client atau antena AP.

Sumber Tulisan:
Buku Panduan Membangun Jaringan Komputer, penulis Ahmad Yani, Penerbit PT Kawan Pustaka, 2008, Jakarta.
Buku Mengenal Wifi, Hotspot, LAN, dan Sharing Internet (Peluang Usaha Sharing Internet), penulis M.Agus J Alam, 2008, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
http://ipankmilanisty.blogspot.com/2009/10/keuntungan-kekurangan-wireless-wi-fi-vs.html

1 komentar:

  1. Terimakasih MBAH Berkat bantuan Mbah memberikan ANGKA JITU SGP HARI Rabu 05.10.2016 dengan Angka 4D [ 1904 ] terbukti tembus.
    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya benar-benar merasakan yang namanya
    kemenangan dan Alhamdulillah saya dpat Rp 750 juta dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SUGANRI karena cuma Beliaulah yang memberikan angka goibnya yg di jamin 100% tembus.
    Awalnya saya bergabung hanya memasang 300 ribu karna saya ngak terlalu percaya ternyatah benar2 tembus dan kini
    saya tidak ragu lagi untuk memasang angka hasil
    Ritual MBAH SUGANRI
    buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus hubungi MBAH SUGANRI 085213936247 terimakasih Wassalam.

    BalasHapus

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging