Sabtu, 01 Oktober 2011

Electronic Mail



Apa E-mail itu?
E-mail adalah surat aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memiliki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Pesan yang akan diterima ditampung dalam mailbox, selanjutnya pengguna dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, menyunting, atau mengirimkan pesan email. Kelebihan e-mail adalah kecepatan, jarak ribuan mil hanya akan ditempuh selama beberapa detik.

Apa Perlunya Email Di Dunia Maya?
            E-mail adalah alat utama untuk bias berinteraksi lewat jejaring sosial, mailing list, mendaftar diberbagi forum diskusi online, membuat account blog, dan tentunya pengenal saat anda meminta akses untuk men-download apa pun lewat internet.
            E-mail juga memungkinkan anda untuk berbagai file video, file buku elektronik, bahan presentasi mata pelajaran atau file apapun yang di anggap perlu untuk dibagi. Melalui e-mail jarak, waktu, dan biaya bias menjadi sedemikian minimal dengan manfaat begitu maksimalis.

Memilih Layanan E-mail
            Ada banyak tawaran layanan e-mail di internet. Ada yang berbayar dan banyak pula yang tidak perlu membayar. Ada yang berasal dari luar negeri dan dari negeri sendiri. Sebagai gambaran, e-mail gratis dari Gmail.com dan Yahoo.com adalah yang paling popular.
            Keunggulan yang di miliki oleh penyedia e-mail yaitu:
·         Memiliki system perlindungan dari spam atau e-mail yang tidak dikehendaki.
·         Tersedia fasilitas buzz untuk menyampaikan kabar, link halaman situ, dan pesan singkat secara cepat.
·         Memiliki fasilitas chatting
·         Dapat diakses oleh ponsel
·         Fitur baru yang terus bertambah

Macam-Macam Layanan E-mail
Layanan email dikelompokkan ke dalam dua baris, yaitu email berbasis client dan email berbasis web.
  • Email berbasis client menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Penggunaan email berbasis client dapat dilakukan secara offline. Alamat dari ISP (Internet Service Provider).
Source gambar: support.microsoft.com
  • Email berbasis web, seluruh kegiatan per-email harus dilakukan melalui situs web. Dengan demikian harus dalam keadaan online.Email berbasis web diselenggarakan oleh layanan email gratis, seperti YahooMail.
Sumber gambar: sugeng.web.id
           Setiap penggunaan layanan email dapat memiliki alamat email dengan dua cara, yaitu menggunakan:
·      Web mail, yaitu email yang dapat diperoleh dengan mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan email space pada servernya, baik yang gratis atau bayar.
·      POP mail, yaitu E-mail yang dapat di peroleh bila kita mendaftarkan diri pada mail server tertentu, misalnya milik ISP dimana tempat terkoneksi. Seperti: Microsoft Internet Mail.

Sumber gambar: support.gfi.com
Saat pengiriman hanya perlu diisikan alamat penerimaan dan subjek surat kemudian isi surat langsung dapat di ketikan untuk di kirim. Serta dapat menyertakan file tertentu untuk dikirim bersama-sama dengan surat tertentu (attachments). 

Sumber buku: 

Seven Simple Steps Internet for student, Pengarang Anang Y.B, Penerbit: Elex Media Komputindo
Aplikasi Komputer Edisi 2, Pengarang: Suharno Pawirosumarto, Penerbit: Mitra Wacana Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging