Kamis, 13 Januari 2011

Karang Taruna

Subjek: Tugas ilmu sosial dasar I

Karang taruna merupakan organisasi masyarakat yang bergerak dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Karang taruna biasanya berdiri di lingkungan Rukun tetangga (Rt) dan Rukun Warga (Rw). Organisasi ini adalah organisasi kepemudaan di Indonesia yang terdiri dari sekumpulan remaja-remaja. Karang taruna sebagai wadah para generasi muda yang tumbuh atas kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dalam masyarakat. Sebagai organisasi sosial merupakan wadah pembinaan dan pengembangan diri serta pemberdayaan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Dengan adanya karang taruna dapat mengetahui cara berorganisasi yang baik dalam masyarakat dan menambah jalinan ikatan pertemanan. Karang taruna terlibat dalam kegiatan-kegiatan bakti sosial seperti membantu korban banjir, kegiatan olah raga seperti mengadakan perlombaan futsal, voli, bulu tangkis, dan berhubungan dengan seni. Karang taruna mengadakan rapat-rapat yang dapat menimbulkan budaya demokrasi untuk menyampaikan aspirasi dan saran dalam memajukan kegiatan kepemudaan di lingkungan sekitarnya. Untuk hari kemerdekaan Negara Indonesia. 

Karung taruna dapat melatih diri untuk membina kerja sama, peduli kepada sesama, dan meningkatkan kreativitas. Karang taruna bersifat terbuka sehingga siapa saja boleh mengikuti kegiatan karang taruna dari usia 17 tahun sampai 30 tahun. Karang taruna juga tidak terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat merugikan masyarakat dan tidak berarah pada politik.

Jadi sebagai generasi muda supaya dapat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada dalam karang taruna. Dan dapat juga menjadi pengurus atau anggota dalam karang taruna yang dapat memberikan banyak manfaat dalam masyarakat. Karang taruna tidak boleh melanggar dari norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.http://studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging