Minggu, 13 Maret 2011

Musik Menggambarkan Keindahan

MusTopik: Manusia dan Keindahan




Musik adalah suatu karya yang begitu indah. Syair-syair musik banyak tergambar dari kehidupan setiap manusia, dari romansa romantis, bencana, dan mengandung nilai-nilai agama. Irama musik menyentuh tiap hati manusia. Setiap manusia pasti menyukai musik. Musik memberikan warna yang berbeda dalam hidup ini, musik sendiri memiliki jiwa yang membuat setiap orang yang mendengarkanya pasti akan langsung menikmati dan terbawah olehnya. 

Musik memiliki beragam aliran dari aliran pop, jazz, hip-hop sampai rock. Setiap manusia mempunyai pandangan sendiri terhadap jenis musik yang disukainya. Jika hati sedang sedih dan putus asa maka akan mendengar melodi musik kesedihan. Dan bila suasana hati sedang senang maka musik yang cocok adalah yang beraliran ngebit atau rock.

Tepat apabila dikatakan “You are what you listen..”. Musik dan gaya hidup saling bertautan dan keduanya cenderung susah untuk dipisahkan. Apalagi untuk generasi muda jaman sekarang yang sedang mencari jati diri. Para generasi muda yang pada awalnya hanya mengagumi satu musik tapi lama kelamaan menjadi sebuah arahan atau pedoman dalam beraktifitas sehari-hari.

Dengan musik juga dapat mempersatukan segala perbedaan yang ada dalam setiap lapisan masyarakat baik dari suku, budaya, ras, dan agama. Musik daerah sebagai pemersatu bangsa Indonesia ini. Begitu juga dengan musik yang bertema politik dapat memberi panutan atau memberi kritik kepada salah satu tokoh politik. 

Manfaat dari musik adalah:
1. Membuat relaksasi
2. Mengurangi stress dan kecemasan pikiran
3. Meningkatakan kreativitas
4. Meningkatkan daya konsentrasi dan ingat
5. Melatih untuk menghargai karya orang lain.

Apakah musik dapat menggambarkan sebuah keindahan???

Dari setiap lantunan musik yang terdengar dari berbagai alat musik membawa dalam gelombang keindahan. Dalam bermusik terdapat nilai-nilai keindahan karena keistimewaan dari irama dan nada yang didengar dan diciptakan. Keindahan bermusik adalah suatu keajaiban karena dapat melatih daya imajinasi dan meningkatkan kreativitas seseorang. Tanpa musik hidup di dunia ini menjadi hampa. Hampir kebanyakan musik selalu bertemakan tentang cinta kepada seseorang. Cinta itu adalah sebuah keindahan yang diberikan oleh tuhan karena dengan cinta maka tiap manusia akan saling menyanyangi dan menghargai.


Kesimpulan: Musik memberikan sebuah keindahan bagi siapa saja yang mendengarnya. Musik diciptakan sesuai dengan perasaan hati manusia. Dengan musik juga sebagai pemersatu hubungan antar manusia yang satu dengan yang manusia yang lainnya dalam berbagai tiap perbedaan suku, bangsa, agama, dan lain-lain.

1 komentar:

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging