Pengertian E-business
E-business atau electronic-business adalah
penggunakan teknologi ICT untuk meningkatkan bisnis (dari mulai penggunaan
email sampai prosedur administratif dalam proses pembelian dan penjualan
melalui Internet). E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel.
Konsep E-business
E-bisnis didefinisika
berdasarkan sudut pandang berikut
- Komunikasi :
mengirimkan barang, layanan, informasi, pembayaran menggunakan jaringan
komputer atau alat elektronik lainnya.
- Komersial (perdagangan)
: menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk, layanan dan
informasi pada Internet menggunakan layanan online lainnya.
- Proses
bisnis : melakukan bisnis secara elektronik dengan
melakukan proses bisnis melalui jaringan elektronik, dengan demikian
mengganti proses bisnis yang biasanya dilakukan secara fisik.
- Layanan : tool yang
memenuhi keingingan pemerintah, perusahaan, pelanggan, dan manajemen untuk
memangkas biaya layanan dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan
meningkatkan kecepatan pengiriman layanan.
- Belajar : memungkinkan
untuk melakukan pelatihan dan pendidikan secara online di sekolah,
universitas dan organisasi lain termasuk bisnis.
- Kolaborasi : kerangka kerja
untuk kolaborasi antar dan di dalam organisasi
- Komunitas :
menyediakan tempat berkumpul untuk anggota komunitas untuk belajar,
transaksi dan kolaborasi.
Manfaat E-business
- Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,
- Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan
pendanaan yang sangat luas,
- Meningkatkan efisiensi perusahaan,
- Mempermudah pengelolaan aset perusahaan,
- Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan,
- Media mempromosikan kompetensi perusahaan,
- Memperlancar kegiatan ekonomi,
- Memperlancar transaksi bisnis,sarana penyebaran
informasi secara luas
Kelebihan E-business
1. Akses Mudah
2. Menghemat
Waktu
3. Lebih
Tepat Sasaran
4. Tidak
Membutuhkan Modal Besar
Kelemahan E-bussiness
1. Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung
Salah satu kelemahan dari
e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa
terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk
bertemu.
2. Resiko Penipuan Lebih Tinggi Dibanding Bisnis Lainnya
Sekarang ini sedang menjamur
bisnis MLM (Multi Level Marketing) lewat internet yang menawarkan kerja mudah
dengan gaji fantastis. Kita perlu curiga dalam hal ini, jangan mudah percaya
dengan testimoni-testimoni yang ada di halaman website tersebut. Karena bisa
saja hal itu sudah diatur oleh oknum bisnis
Keamanan E-business
Sistem keamanan e-Business
lebih beresiko dibandingkan bisnis tradisional, oleh karena itu penting untuk
melindungi sistem keamanan e-Business dari resiko-resiko yang
ada. Beberapa hal yang menjadi perhatian pada keamanan sistem e-Business
adalah pribadi dan rahasia, keabsahan data, dan integritas data. Beberapa
metode untuk melindungi keamanan e-Business dan menjaga informasi tetap aman
adalah menjaga keamanan fisik serta penyimpanan data.
Daftar Pustaka :
http://vicbung.ngeblog.ittelkom.ac.id/2013/05/06/e-business/
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar