Jumat, 04 Oktober 2013

E-business

Pengertian E-business

E-business atau electronic-business adalah penggunakan teknologi ICT untuk meningkatkan bisnis (dari mulai penggunaan email sampai prosedur administratif dalam proses pembelian dan penjualan melalui Internet). E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. 

Konsep E-business



E-bisnis didefinisika berdasarkan sudut pandang berikut
  • Komunikasi : mengirimkan barang, layanan, informasi, pembayaran menggunakan jaringan komputer atau alat elektronik lainnya.
  • Komersial (perdagangan) : menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk, layanan dan informasi pada Internet menggunakan layanan online lainnya.
  • Proses bisnis : melakukan bisnis secara elektronik dengan melakukan proses bisnis melalui jaringan elektronik, dengan demikian mengganti proses bisnis yang biasanya dilakukan secara fisik.
  • Layanan : tool yang memenuhi keingingan pemerintah, perusahaan, pelanggan, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan meningkatkan kecepatan pengiriman layanan.
  • Belajar : memungkinkan untuk melakukan pelatihan dan pendidikan secara online di sekolah, universitas dan organisasi lain termasuk bisnis.
  • Kolaborasi : kerangka kerja untuk kolaborasi antar dan di dalam organisasi
  • Komunitas : menyediakan tempat berkumpul untuk anggota komunitas untuk belajar, transaksi dan kolaborasi. 

Manfaat E-business 

  • Meningkatkan kinerja operasional perusahaan, 
  • Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas, 
  • Meningkatkan efisiensi perusahaan, 
  • Mempermudah pengelolaan aset perusahaan,
  • Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan,
  • Media mempromosikan kompetensi perusahaan,
  • Memperlancar kegiatan ekonomi,
  • Memperlancar transaksi bisnis,sarana penyebaran informasi secara luas

Kelebihan E-business 

1. Akses Mudah
2. Menghemat Waktu
3. Lebih Tepat Sasaran
4. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Kelemahan E-bussiness 

1. Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung
Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu.

2. Resiko Penipuan Lebih Tinggi Dibanding Bisnis Lainnya
Sekarang ini sedang menjamur bisnis MLM (Multi Level Marketing) lewat internet yang menawarkan kerja mudah dengan gaji fantastis. Kita perlu curiga dalam hal ini, jangan mudah percaya dengan testimoni-testimoni yang ada di halaman website tersebut. Karena bisa saja hal itu sudah diatur oleh oknum bisnis

Keamanan E-business 

Sistem keamanan e-Business lebih beresiko dibandingkan bisnis tradisional, oleh karena itu penting untuk melindungi sistem keamanan e-Business dari resiko-resiko yang ada. Beberapa hal yang menjadi perhatian pada keamanan sistem e-Business adalah pribadi dan rahasia, keabsahan data, dan integritas data. Beberapa metode untuk melindungi keamanan e-Business dan menjaga informasi tetap aman adalah menjaga keamanan fisik serta penyimpanan data.

Daftar Pustaka :
http://vicbung.ngeblog.ittelkom.ac.id/2013/05/06/e-business/
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABEL

Flash Labels by Way2Blogging